Rabu, 01 Juli 2009

PT.TPL Porsea Masih Keluarkan Bau Busuk, Warga Resah


BALIGE: PT.Toba Pulp Lestari (TPL) yang memproduksi bubur kertas di Sosorladang Porsea Kab.Tobasa ternyata masih mengeluarkan bau busuk menyengat pada waktu-waktu tertentu sehingga warga berada disekitar lokasi pabrik sudah semakin resah menghadapi limbah gas tersebut.
“Memang bau busuk yang menyengat itu tidak seperti dulu lagi berlangsung setiap hari sewaktu masih bernama PT.Inti Indorayon Utama (IIU), keadaannya sekarang mereka berbuat pada waktu-waktu tertentu saja dan biasanya dikeluarkan pada saat malam atau subuh hari “ kata B.Simanjuntak salah seorang warga Porsea menjawab pertanyaan wartawan, Selasa(30/6).
Tentunya limbah gas dikeluarkan pabrik pulp itu dengan bau busuk menyengat telah membuat warga resah karena berakibat menganggu jalur pernafasan yang menginginkan udara segar kata Simanjuntak, kemungkinan lambat laun warga disini nantinya bisa mengidap penyakit pernafasan berbahaya.
Kenyataan ini langsung dirasakan sebab tiap harinya rutin bangun pagi tepat pukul 04.00 dinihari untuk mempersiapkan bahan-bahan jualan kedai kopi dan pengunjung selalu mengeluh udara bau busuk menyengat dikeluarkan pabrik pulp tersebut kata Simanjuntak.
“Secara rutin pada dinihari mobil-mobil bus pengangkutan umum trayek Labuhan Batu- Tarutung via Pintupohan Meranti melintas dan singgah pada kedai kopi ini untuk sarapan, tentu limbah gas pabrik pulp dengan bau busuk menyengat menganggu pelangganku dan terkadang jadi tidak mau sarapan hanya minum kopi saja “kata Simanjuntak.
Salah seorang warga P.Manurung kepada wartawan mengatakan timbulnya bau busuk menyengat akibat limbah gas pabrik kurang dikelola sesuai ketentuan, jadi kemumngkian pihak perusahaan sering mengurangi biaya pengelolaan limbah pabrik sehingga terkadang aroma tidak sedap muncul diudara yang dihirup masyarakat.
Humas PT.TPL Tigor Manik yang dikonfirmasi wartawan via telepon selular tentang keluhan warga aroma bau busuk ditimbulkan pabrik, tidak mau menjawab hanya mengatakan lagi sedang sibuk menerima tamu dikantor dan meminta dihubungi kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar