Selasa, 30 Juni 2009

BPR Bumi Asih Laguboti Tutup Diklat Work Shop Pengrajin Rotan

*Pameran Kursi Rotan Diminati Pembeli

BALIGE : Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bumi Asih NBP 5 Laguboti Kab.Tobasa selaku pembina dan pemberi modal kerja secara resmi menutup pelaksanaan pendidikan kilat (diklat) workshop para pengrajin rotan yang telah berlangsung selama satu minggu dengan mendatangkan tenaga ahli dari Medan di balai desa kompleks Tugu DI Panjaitan Balige, Senin (29/6).

Direktur BPR Bumi Asih NBP5 Laguboti Bernat Pakpahan dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan diklat pengrajin rotan bekerjasama dengan UD Dion Rotan ini merupakan salah satu program untuk mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kab.Tobasa sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

‘Diklat pengrajin rotan seperti ini memang sangat perlu ditingkatkan secara terus menerus untuk meningkatkan kualitas produksi pengrajin sehingga hasil-hasil produksi barang-barang yang memakai bahan baku rotan dapat bersaing dipasar dengan harga lumayan dan mudah-mudahan BPR bisa terus melakukan pembinaan’ kata Pakpahan

Pameran ini sengaja langsung kami tampilkan dari pengrajin rotan, dan sudah ada 20 jenis kegiatan UKM lainnya yang sudah dibina di Kabupaten Toba Samosir, inilah pembinaan yang ke 20 dari jenis pengrajin rotan home Industri (industri rumah tangga) kata Pakpahan, BPR Laguboti selain menyalurkan kredit kepada nasabah, juga melaksanakan, tabungan Poin undian (pundit) yang akan dibuka tanggal 23 Juli 2009 di Pusat Jakarta, dengan membagibagikan hadiah 2 unit mobil,dan puluhan sepeda motor, serta tabungan Deposito BPR dengan bunga yang cukup tinggi hingga diatas 11 persen pertahun. Pada penutupan diklat Bernath Pakpahan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pelatih dari Medan, masyarakat Lumban bulbul, LSM Tamba Ulina, Pers, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Karisma FM Balige, dan semua elemen yang ikut ambil bagian. Semoga penutupan diklat pengrajin rotan dapat berkembang dan di Tobasa, sembari memberikan piagam sertifikat kepada 7 pengrajin rotan yang sudah berhasil.

Pengamatan wartawan, pameran hasil pengrajin rotan yang digelar BPR Bumi Asih NBP5 Laguboti kerja sama dengan UD Dion Rotan Lumban Bul-bul, setelah habis acara penutupan diklat ternyata banyak diminati pengunjung dan terjadi tranksaksi pembeliaan hasil produksi kursi rotan. Hasil produksi pengrajin rotan langsung di beli tiga orang pengunjung yakni, Komunitas Tamba Ulina membeli kursi tamu seharga Rp. 1.6 juta, Pengunjung Puasa Sihombing pegawai PLN ranting Balige membeli kursi tamu seharga Rp. 1.6 juta, dan Pdt.Demak Simanjuntak membeli kursi tamu dengan harga Rp.750 ribu.

Sebelumnya, Tokoh Masyarakat Desa Lumban Bulbul Balige PT Sianipar dalam sambutannya mengatakan,kegiatan yang digelar BPR Laguboti sangat bermanfaat kepada kaum ibu-ibu dan juga anak-anak yang pengangguran karena dapat menyerap tenaga kerja selain menambah pendapatan rumah tangga. ‘Kegiatan pengrajin rotan (home Industri) yang diciptakan benar-benar mendapat respon positif, untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada BPR Bumi Asih NBP5 Laguboti’ katanya.

Turut memberikan sambutan Sekretaris Desa lumban Bulbul Balige Herlina Situmorang mewakili pemerintah dan tidak ada terlihat satupun pejabat tingkat kabupaten , padahal kegiatan home industri seperti ini membutuhkan bantuan dan pembinaan Pemkab Tobasa melalui Dinas Koperindag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar