Rabu, 15 Juli 2009

My First Online Experience

Ulang Tahun Ke-11 detikcom

Dunia internet memang begitu membingungkan sewaktu pertama kali saya ketahui, timbul beragam pikiran untuk akses identitas seperti apa sebenarnya dan apa kegunaan internet dalam kehidupan sehari-sehari bagi umat manusia.

Tentu untuk mengetahui lebih jelasnya maka saya langsung mengunjungi warung internet (warnet) dan mencoba menggali sebanyak-banyaknya informasi kegunaan internet. Dari pemilik internet pertama kali diberitahu adanya fasilitas email yang bisa dipergunakan sebagai tempat surat menyurat sesama teman dengan mendaftarkan identitas diri terlebih dahulu pada salah satu website.

Dulunya saya mempergunakan fasilitas faximile untuk mendukung pekerjaan saya dan akhirnya lama kelamaan beralih memakai fasilitas email dalam menunjang pekerjaan, ternyata dari segi biaya lebih murah dan setelah dipelajari lebih gampang ketimbang faximile yang merepotkan.

Email itu gampang dan praktis sekali mempergunakannya, setelah mengetik materi-materi surat yang hendak disampaikan kepada relasi kita maka selanjutnya online internet dan mengklik alamat website email tempat bergabung lalu dikirimkan. Nah kalau faximile agak rumit, karena hasil ketikan materi-materi surat dalam komputer tadi diharuskan print out pada selembar kertas dan dikirimkan melalui mesin faximile.

Kemudian berlanjut mengenal fasilitas internet dengan program chatting. Menariknya program ini bisa berkomunikasi dengan siapapun namun kelemahannya kita tidak mengetahui seperti apa profil teman online kita itu. Setelah dunia internet semakin berkembang maka dikenal lagi program komunikasi teman online yang mengetahui wajah beserta profilnya ,seperti Facebook, Yahoo Messenger, Twitter .

Terakhir fasilitas dunia internet yang saya pergunakan program blog yang sangat menarik dan berkesan. Membuat blog itu mengasyikkan karena bisa dijadikan file dokumen, baik itu berupa tulisan,foto, hingga audio visual. Blog yang sudah kita buat tersebut dapat dipublikasikan secara luas dengan memberitahukan alamat blog nya maka bisa diakses siapapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar